Review Drama Korea : Life


pict by Google


Judul Drama : Life
Genre : Medical, Drama
Broadcast Network : JTBC
Director : Hong JOng Chan, Im Hyun Wook
ScreenWriter : Lee Soo Yun
MAin Cast :
Lee Dong Wook as Ye Jin Woo
Cho Seung Woo as Goo Seung Hyo
Won Jin Ah as Lee No Eul
Lee Kyu Hyung as Ye Sun Woo

          Tadinya saya pikir tema kedokteran untuk serial drama korea udah selesai setelah serial Hospital Ship. Karena tahun 2018 ini rata – rata darkor punya tema kriminal ala detektif. Ternyata pas tahu ada drama korea Life dan liat sinopsisnya ternyata tema kedoketaran. Tapi serial Life ini menyajikan sesuatu yang berbeda. Bukan hanya sekedar tentang dokter tapi juga tentang kekuasaan manajerial tingkat atas. Penasaran? Inilah Review emak pecinta drakor amatir

Sinopsis Life2


          Serial Life ini bercerita tentang sebuah rumah sakit Universitas Soongkok yang masuk lima besar sebagai rumah sakit terbaik. Permasalahan muncul saat direktur rumah sakit tersebut jatuh dari atap rumah wakil direktur rumah sakit dan akhirnya meninggal. Belum usai tentang penyebab kematiannya, adanya Pergantian presiden Rumah Sakit itu dan mengganti beberapa kebijakan pun menuai kritik dari tenaga medis setempat.  Sudah bisa ditebak ya kalau bakalan banyak intrik karena masalah kebijakan dan kekuasaan dalam rumah sakit tersebut.

          Kebijakan untuk mengirim tiga departemen yang memberikan laba paling kecil atau bahkan deficit ke pedalaman korea menjadi sumber masalah pertama antara para dokter dan presdir. Banyak yang menolak dengan keras rencana tersebut. salah satu dokter yang sangat keras menentang dengan diam – diam adalah dr ye jin wo (lee dong wok) dari departemen Unit Gawat Darurat. Tetapi ada dr No eul percaya bahwa predir Gu tidak mungkin seburuk itu. Pelan tapi pasti beberapa kebijakan predir Gu kayaknya dipengaruhi juga karena lebih dekat dengan dr No eul. Dr. No Eul sendiri salah satu dokter pediatric (baru tahu kalau nama medis dokter anak adalah dokter pediatric) yang memang sahabar dari dokter Jin Woo. Dr. No Eul selalu beranggapan bahwa selalu ada sisi baik dari presdir Gu.
          Belum lagi drama dalam pemilihan direktur Rumah Sakit juga punya banyak intrik tingkat halus. Dokter memilih direktur baru karena posisi kosong yang terlalu lama dan juga untuk melawan presdir Gu.
          Dr. Jin Woo sendiri memiliki seorang adik yang difabel karena kecelakaan yang juga menewaskan sang ayah. Seun Woo seorang ahli Ortopedi yang bekerja di LPAK yang terkadang memberikan informasi terkait keuangan Rumah Sakit kepada sang kakak. Tanpa diketahui sang kakak, Seun Woo diam – diam merahasiakan kondisi kesehatannya yang kurang baik

          Serial ini dibintangi oleh aktor tampan yang sempat booming setahun yang lalu lewat aktingnya sebagai malaikat pencabut nyawa . yes ada babang Lee dong wok maen drama lagi. karakternya sebagai dokter UGD yang berwajah dingin dan lempeng tapi sangat peduli kepada pasien dan rumah sakitnya. Tapi yang ga kalah gantengnya adalah presiden rumah sakitnya (iki opo secch ah hwakakka). Wajah angkuh dan nyebelin tapi lama – lama jadi kelihatan humanitynya gara – gara dokter anak dr. No eul. Sayangnya love storynya gak terlalu banyak sech karena predir Gu dan dr No eul yang kayak anak SMP saling perhatian tapi ga berani ngomong gitu perasaanya (abstrak).
         

Kenapa Nonton Serial Life?


          Paham Tentang Managemen Rumah Sakit
          Boleh dibilang serial ini akan membuat kita jadi paham tentang manjerial Rumah Sakit Swasta dan cara kerja sistem rumah sakit. Rumah sakit pemerintah tentu akan berbeda dengan rumah sakit swasta. Bagaimana pun  rumah sakit swasta tentulah mencari laba yang lebih besar dibandingkan dengan rumah sakit pemerintah. Terkadang kita lebih memilih rumah sakit swasta berharap mendapatkan pelayanan lebih baik. Tapi kadang kita suka rewel dalam hal administrasi apalagi bila menggunakan BPJS. Padahal prosedur itu memang sudah sewajarnya dan lagi – lagi tentu Rumah Sakit Swasta juga harus bisa ambil laba kan.
         
          Perjuangan Menjadi Seorang Dokter
          Di serial tersebut dr Jin Wo memiliki seorang adik yang difabel menggunakan kursi roda yaitu dr. seun Woo. Meskipun seorang ahli Ortopedi, Seun Woo tidak bekerja di rumah sakit melainkan di sebuah LPSK (mungkin kayak pengawas rumah sakit atau asuransi kali ya). Akan tetapi di perlihatkan perjuangannya melalaui berbagai tahap untuk menjadi seorang dokter Orthopedi. Bahkan dia sempat ditolak oleh salah seorang professor untuk jadi dokter residen karena kursi rodanya dan dianggap emnajdi beban.

          Jangan Menyimpulkan Sesuatu dari Luar
          Ada banyaki permasalahan yang terjadi di rumah sakit dan semuanya beranggapan bermuara di presdir Gu hanya karena dia diam. Padahal terkadang kebijakan yang aneh tersebut karena sang Direktur Utama Hwajeong Grup pemilik saham rumah sakit tersebut. Tapi ya kalau ga suka mah tetep aja di incer.

          Meskipun setting syutingnya di sebuah rumah sakit, tapi rasanya tidak terlalu banyak adegan yang berhubungan dengan pasien. Karena lebih cenderung menyorot ke kebijakan management. Begitu juga romansa cintanya yang mungkin ga samapao 20 % lah. Cenderung kentang Romansanya.

          Rumornya di korea sana, drama korea ini ratingnya anjlok. Banyak yang menilai akting Lee Dong Wok kalah dengan aktor pemeran presdir Gu. Pun banyak yang mempermasalahkan kisah cinta antara presdir Gu dan dr. No Eul yang mengganggu. Kalau ini saya setuju, karena kesannya terlalu di paksakan. Kenapa ga sekalian dibikin kejelasan saja hubungannya? Apa jangan – jangan bakalan ada sekuel lagi ya? Karena endingnya belum menjawab setiap persoalan yang muncul. Salah satunya adalah bagaimana bisa direktur rumah sakit jatuh dari balkon rumah wakil direktur.

          Agak subjektif memang kalau saya bilang suka drakor ini. Karena memang suka banget sama karakter Presdir Gu nya. Jadi suka nebak ini kira – kira mau ada kebijakan apa lagi nech. Nyesel lah kenapa harus nonton on goingnya *derita drama on going. Tapi buat yang nyari drama korea yang bikin happy bukan ini jawabannya. Bisa juga liat drakor Lets Eat 3 yang udah tamat tapi harap siapkan cemilan yak arena drakornya bisa mengundang rasa lapar. 

          Itu tadi review receh emak Drakor Lover, mudah – mudahan bisa membantu buat drakor lover yang bingung cari drama yang pas sesuai hati. Maapkan bila review pertama ini masih acak – acakan ya. Mudah – mudahan blog ini bsia berjalan terus ke depannya. Biar ada manfaatnyalah nyetrika sambil ngedrakor. Nah, kalau kamu lagi nonton apa???

Komentar

  1. Banyak banget ya pelajaran-pelajaran yang bisa kita dapat dalam filmnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama Korea Romance is a Bonus Book

Enam Alasan Kenapa Harus Nonton Drama Korea Sky Castle